Jumaat, 20 Julai 2012

Doa Niat Solat Tarawih ...


niat shalat tarawihDoa Niat Shalat Tarawih – Kini ,  bulan Ramadhan  kita menjelang. Semua umat muslim akan menyambut kehadiran bulan Ramadhan. Bulan penuh hikmah, pintu surga terbuka lebar dan semua amal ibadah kita akan dilipat gandakan di bulan ini. Namun masih ingatkah Anda dengan doa niat shalat tarawih? Jika lupa berikut kami ingatkan dengan doa niat shalat tarawih:
Setiap malam di bulan Ramadhan kaum muslim menjalankan ibadah shalat atau biasa disebut dengan shalat tarawih. Shalat ini biasa disebut qiyaamu Ramadhan. Hukum dari shalat tarawih adalah sunat mu’akkad, baik jika Anda kerjakan sendiri ataupun berjamaah. Namun akan lebih utama jika dikerjakan dengan berjamaah di masjid atau mushola. Dimana waktu pelaksanaannya adalah mulai setelah shalat Isya (sebelum shalat sunat witir} sampai terbit fajar shadiq (sebelum masuk waktu subuh).
Jumlah rakaatnya 20 rakaat (ditambah 3 rakaat sunat witir), namun ada pula yang mengerjakan hanya dengan 8 rakaat  (ditambah 3 rakaat sunat witir). Bahkan Imam Malik memilih shalat tarawih dengan 36 rakaat sama seperti yang dikerjakan oleh penduduk – penduduk Madinah. Tata cara pelaksanaan dari shalat tarawih adalah dengan 2 macam cara, yaitu:
  • Setiap 2 sakaat salam.
  • Setiap 4 rakaat salam (tanpa tasyahud awal).
Namun yang paling baik adalah setiap 2 rakaat salam, karena dalam hadits Rasulullah saw menyatakan bahwa shalat malam itu sebaiknya dikerjakan 2 rakaat 2 rakaat. Dimana setelah shalat tarawih selesai dilanjutkan dengan mengerjakan shalat sunat witir 3 rakaat. Untuk melaksanakan shalat sunat witir boleh dikerjakan 3 rakaat salam  dimana 3 rakaat sekaligus tanpa tasyahud awal atau pertama dikerjakan 2 rakaat, kemudian 1 rakaat juga boleh. Pada dasarnya cara pelaksanaan shalat tarawih sama dengan cara pelaksanaan shalat fardhu, baik gerakan maupun bacaannya. Yang berbeda hanya pada niatnya saja. Secara lengkap, doa niat salat tarawih 2 rakaat adalah:

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيحِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُومًا/إِمَامًا للهِ تَعَالَى
 ”Ushalli sunnatat taraawiihi rak’ataini (ma’muman/imaaman) lillahi ta’aalaa.
Artinya: ” Aku niat Salat Tarawih dua rakaat (menjadi makmum/ imam) karena Allah Ta’ala”

ATAU

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيحِ رَكْعَتَيْنِ للهِ تَعَالَى
“Usholli sunnatattarowihi rok’ataini lillahi ta’ala”
Artinya: ” Aku niat Salat Tarawih dua rakaat karena Allah Ta’ala”
 Oleh karena itu, dalam doa niat salat tarawih, disesuaikan menjadi “arba’a raka’atin”. Nah, sudah ingat kembali kan doa niat shalat tarawih. Anda juga dapat membaca artikel yang lain seperti doa niat puasa ramadhan dan Panduan Tata Cara Melaksanakan dan Menunaikan Shalat Tarawih

0 ulasan:

Catat Ulasan

Budak hitam telah mengintai...

Feedjit

 
Copyright 2015 Reserved to Nurain How Design By Cik Nurfarah